Aneh, lirik “Mau Tapi Malu” Gita Gutawa ft. Maia

LAGU-lagu bikinan Maia memang easy listening dan mudah diingat. Termasuk dengan lagu “Mau Tapi Malu” yang sekarang lagi hit. Aku termasuk salah seorang yang menyukai lagu ini. Apalagi lagu ini dinyanyikan oleh Gita Gutawa dengan suara khasnya yang beroktaf tinggi, sehingga membuat lagu ini semakin hidup. Namun, setelah beberapa kali mendengarkan lagu ini, aku rasa ada yang janggal dalam liriknya.

Kejanggalan itu terletak pada penggunaan kata ganti mu dan nya, yang terdapat pada lirik pertama dan reff lagu ini. Untuk lebih jelasnya, kita lihat lirik lagu ini selengkapnya:

kau yang di sana siapa dirinya
buatku terpana
kesan pertama sungguh mempesona
ingin mengenalnya

di kepalaku ada suka yang menggila
sudikah kamu mengenalku mendekatiku aku

reff:
aku mau tapi malu
ku suka matamu, hidungmu, wajahmu
dan aku mau untuk jadi milikku

aku mau tapi malu
ku suka gayamu, tingkahmu, senyummu
tapi ku malu tuk katakan padanya

aku yang selalu punya sejuta cara
cara tuk merayu
tapi yang terjadi aku seperti ini
ku bingung sendiri

aku suka, aku mau, tapi sungguh aku malu
aku diam, aku bingung, aku harus bagaimana
oh Tuhanku, tolong aku, mengapa ku jadi mau
ku tak tahu kenapa ku tiba-tiba jadi malu
ku tak tahu, tak tahu, tak tahu
ku tak tahu, tak tahu

Nah, coba perhatikan pada bagian ini:

Kau yang di sana siapa dirinya buat ku terpana
Kesan pertama sungguh mempesona
Ingin mengenalnya

Kalau diperhatikan, penggunaan kata “kau” dan “nya” di sana mengacu pada dua orang, yaitu orang kedua (kau) dan orang ketiga (nya/dia). Artinya, ada dua orang yang terlibat dalam lagu itu. Dengan kata lain, laki-laki yang dimaksud dalam lirik lagu ini ada dua orang. Apakah ini mungkin? 🙂

Coba perhatikan lagi pada bagian reff berikut:

Aku malu tapi mau
Kusuka gayamu tingkahmu senyummu
Tapi ku malu tuk katakan padanya

Lagi-lagi, di sini terjadi kejanggalan dalam penggunaan kata ganti “mu” dan “nya”. Apakah mungkin di saat yang sama, ungkapan ini ditujukan pada dua lelaki, yaitu “kamu(mu)” dan “dia (nya)”? Kalau yang dimaksud dalam lagu itu cuma seorang, seharusnya kata ganti yang digunakan cuma satu. Pilih saja “mu” atau “nya”. Jadi lirik lagunya kurang lebih seperti ini:

Aku malu tapi mau
Kusuka gayamu, tingkahmu, senyummu
Tapi kumalu tuk katakan padamu

Atau bisa juga begini:

Aku malu tapi mau
Kusuka gayanya, tingkahnya, senyumnya
Tapi kumalu tuk katakan padanya

Di sana, penggunaan kata ganti cuma satu. Dengan begitu, orang yang dimaksud dalam lagu itu jelas. Mungkin kamu pikir, “Ah, gitu aja kok repot. Yang penting ngerti maksudnya”. Betul, secara sepintas memang begitu. Tapi kalau diperhatikan, penggunaan kata ganti bisa mengacaukan arti. Coba bayangkan situasi berikut:

Misalnya ada seorang wanita yang kamu cintai, bilang gini:

Mas, kamulah pria yang selama ini kucari. Aku suka sikapmu, perhatianmu, kasih sayangmu. Aku sangat cinta padanya (Whew!!! :))

Ini cuma usul kok Mba Maia, jangan marah ya 🙂

Bagaimana menurutmu? (ceps)

One thought on “Aneh, lirik “Mau Tapi Malu” Gita Gutawa ft. Maia

  1. wah,bener juga tuh,bisa2 mas2nya marah2 tuh,,,,,

    trz cwe’y dikira tukang ngGombal..

    kan ga Lucu tuh,kan yg biasa ngGombal para Cowok,,,,

    hwkwkwkwk,,,,

Leave a comment