Cegah AIDS Kok Pake Kondom

AIDS atau Acquires Immune Deficiency Syndrome merupakan jenis penyakit yang merusak sistem kekebalan tubuh, yang sampai saat ini belum ada obatnya. Konon, kasus penyakit ini pertama kali ditemukan di AS pada tahun 1981 dan disebabkan oleh virus HIV. Pada tahun ini (2009) jumlah penderita HIV/AIDS di Indonesia meningkat delapan kali lipat dibandingkan dengan tahun 2007 lalu. Anehnya, pemerintah tetap menganjurkan untuk memakai kondom untuk mencegah penularan dan penyebaran penyakit ini.

Kondom jelas tidak bisa mencegah penularan HIV karena pori-pori kondom berukuran70 mikron, yaitu 700 kali lebih besar daripada ukuran HIV, yang hanya berdiameter 0,1 mikron. Artinya, virus HIV dapat dengan mudah menyebar ketika melakukan hubungan seks. Dengan demikian, pemakai kondom akan mudah terinfeksi.

Dengan kata lain, anjuran penggunaan kondom (bahkan dulu sempat ada ATM kondom) bukan mencegah penularan HIV, melainkan melegalkan seks bebas yang tentunya akan semakin menambah penularan AIDS. Sebab, orang-orang akan “bebas” berhubungan seks asal memakai kondom. Akibatnya, orang yang hidup dengan HIV dan AIDS (Odha) semakin bertambah.

Pencegahan penyakit ini seharusnya dikembalikan kepada bagaimana virus ini tersebar, yakni melalui hubungan seks bebas. Dengan menghindari seks bebas, tentu penyakit ini tidak akan tersebar. Namun, hal ini tidak bisa muncul begitu saja dari kesadaran individu. Harus ada tindakan tegas dari pemerintah untuk membentuk kesadaran masyarakat. (ceps)

(Ditulis pada peringatan Hari AIDS Sedunia, 1 Desember 2009)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s