Mudik: Sudah Cukupkah Bekal Anda?

Dua hari menjelang Lebaran, arus mudik memuncak di semua jalur. Utara, selatan, juga tengah. Ada yang pakai motor, mobil pribadi, bus, dan angkutan umum lainnya. Semua menuju kampung halaman untuk merayakan Lebaran.

Bersilaturahmi dengan keluarga dan sanak famili. Inilah yang menjadi alasan mengapa setiap menjelang Lebaran selalu ada tradisi mudik di negeri ini. Meski hanya beberapa hari, mereka rela menempuh perjalanan ratusan bahkan ribuan kilometer untuk merayakan Lebaran di kampung halaman.

Bagi yang sudah bekerja di kota-kota besar, pantang bagi mereka jika mudik tanpa membawa bekal yang cukup. Soalnya, Lebaran juga jadi ajang untuk berbagi kebahagiaan dengan sanak saudara. Tak jarang, mereka sudah mempersiapkannya jauh-jauh hari. Mulai dari mempersiapkan uang recehan yang baru, baju baru, hingga makanan khas Lebaran.

Tidak mempersiapkan bekal mudik jauh hari sebelum Lebaran, bisa jadi kita terlewat kesempatan. Sebab, menjelang Lebaran biasanya orang-orang menuju tempat yang sama. Pusat perbelanjaan untuk membeli pakaian baru, bank untuk menukarkan uang recehan baru, dan toko makanan untuk membeli kue Lebaran, dsb.

Jika untuk mudik ke kampung halaman saja kita sibuk mempersiapkan diri, bagaimana dengan mudik ke kampung halaman kita yang abadi nanti. Ya, itulah kampung akhirat. Dari Allah kita berasal dan kepada-Nyalah kita akan kembali. Lalu, sudah cukupkah bekal kita untuk mudik ke kampung akhirat? Mengingat, kita tidak tahu kapan giliran kita untuk mudik ke sana.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s