Nikmat Terindah

Segelas kopi hangat tersaji di atas meja, ketika saya menikmati serabi khas Kuningan untuk sarapan. Matahari baru saja keluar dari peraduannya, tetapi aktivitas warga di kampung sudah menggeliat. Mulai dari yang sekadar menyapu lantai depan rumah, menjajakan dagangan keliling kampung, hingga berangkat ke pasar atau ke sawah untuk mencari nafkah.

Ayah saya berjalan perlahan menuju rumah, hingga akhirnya masuk setelah mengucapkan salam. Ia baru saja pulang dari masjid selepas salat subuh berjamaah, dilanjut dengan mengikuti majelis taklim. “Capek,” ucap ayah saya dengan napas tersengal. Ia duduk hati-hati lalu menyandarkan punggungnya ke kursi dengan hati-hati pula.

Jarak dari rumah ke masjid sebenarnya hanya sekitar 15 meter, tetapi ia merasa seperti sudah berjalan 2-3 kali lipat dari itu. Di usianya yang kini menginjak 72 tahun, ayah saya sudah uzur.
Ayah saya bukan tidak menyadari kondisinya itu, tetapi ia tetap berusaha sekuat tenaga untuk bisa salat berjamaah setiap awal waktu di masjid. “Banyak sekali keuntungan dari salat berjamaah di awal waktu, di antaranya pahala 27 kali lipat dari salat sendirian,” katanya. Ia yakin betul keuntungan-keuntungan yang didapat dari salat berjamaah, sehingga ia merasa rugi jika sekali saja melewatkannya.

Ia tak pernah bosan mengingatkan saya soal itu dan soal lainnya tentang keutamaan akhirat ketimbang dunia. Ya, hanya mengingatkan. Sebab ia tahu bahwa saya sudah tahu itu. Ia tak pernah memaksa karena ia tahu saya sudah bisa menentukan pilihan. Ia pun tahu betul bahwa tugasnya hanyalah menyampaikan. Sebab hidayah, bukan lagi wilayah kekuasaannya. Itu ia katakan kepada siapa saja yang mau mendengarnya, meski sebagian menganggapnya pembicaraan yang membosankan.

Di usianya yang senja, ayah saya hanya ingin memaksimalkan bentuk pengabdiannya kepada Tuhannya. Tak ada yang ia harapkan, kecuali keridaan-Nya. Ia seperti sudah merasakan betul bahwa nikmat iman dan Islam adalah yang terindah dalam hidup ini. Semoga Allah senantiasa memberinya kesehatan.Amiin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s