Resolusi 2014

Tahun baru telah tiba, saatnya membuat resolusi. Kata-kata itu selalu didengungkan banyak orang setiap pergantian tahun. Entah suatu keharusan, tradisi, ataupun kebiasaan saja yang menyebabkan resolusi menjadi kata yang seksi pada awal tahun.

Sebagian orang bersemangat membuat resolusi. Mulai dari resolusi sederhana, seperti bangun pagi, menurunkan/menaikkan berat badan, dan mengurangi produksi sampah per hari, hingga yang cukup berat, seperti memiliki rumah, mendapat penghasilan ratusan juta hingga miliaran, membina rumah tangga, dan berprestasi dalam karier dan pendidikan.

Namun, sebagian lagi justru jenuh dengan resolusi. Sebab, setiap membuat resolusi pada awal tahun, ujung-ujungnya ia lupa dengan resolusi itu sehingga tidak mendapatkan apa-apa pada akhir tahun. Mungkin karena resolusi itu terlalu berat untuk diwujudkan, atau ia terlalu malas saja untuk melakukan langkah-langkah mencapainya.

Bagi saya, resolusi tidak lain merupakan rencana jangka pendek. Rencana memang hanyalah rencana yang tidak berarti apa-apa tanpa berupaya mewujudkannya. Namun, setidaknya rencana itu membuat saya bisa menentukan langkah-langkah apa yang harus ditempuh untuk mengisi waktu selama setahun ke depan.

Jadi, marilah kita membuat resolusi. Oiya, resolusi saya tahun ini adalah…jreng…jreng…

  1. Membuat lembaga kursus bahasa Inggris di Kuningan
  2. Menerbitkan buku/novel
  3. Membangun rumah
  4. Menikah

Yap. Empat itu saja. Keempatnya, sebenarnya sudah sering saya canangkan, baik secara tertulis maupun hanya dalam ingatan, pada tahun-tahun sebelumnya. Namun, tahun ini saya berkomitmen untuk mewujudkan semuanya. Bismillahi tawakkaltu alallah, la haula wala quwwata illa billah.

 

 

//

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s