Linda Beri Titiek “Wanita”

BANDUNG, (PR).-

Mantan Wartawan Gatra dan Tempo, Linda Djalil mempersembahkan lagu “Wanita” untuk penyanyi sekaligus aktris senior Titiek Puspa pada konferensi pers di Wisma Puspa, Jln. Pancoran Timur No. 21, Jakarta, Selasa (19/1). Lagu tersebut didedikasikannya untuk Titiek yang menderita kanker rahim.

Didampingi kedua putrinya, Petty dan Ella, Titiek bercerita tentang penyakit yang dideritanya itu di depan puluhan wartawan dari berbagai media, baik cetak maupun elektronik. Titiek mengaku lebih bersemangat setelah mendengar lagu yang diciptakan sahabatnya, Linda itu. Oleh karena itu, di sela-sela keterangannya, Titik meminta Linda menyanyikan lagu tersebut.

Pada awalnya, Linda mengaku tidak yakin bisa membawakan lagu tersebut dengan baik. “Sebelum menyanyi saya katakan, mohon jangan perhatikan suara saya, tetapi cermatilah melodinya, musiknya, dan liriknya,” kata perempuan yang hengkang dari pekerjaannya sejak sepuluh tahun silam itu.

Meski demikian, semua yang hadir di Wisma Puspa itu terbawa hanyut dalam lantunan lagu yang dibawakan Linda. Titiek pun tak kuasa menahan tangis. Penyanyi senior Indri Yusnita yang juga hadir pada saat itu pun ikut menitikkan air mata. Beberapa sanak keluarga Titiek termasuk kakaknya, Elly Kasim memeluk Linda setelah selesai menyanyi.
Berdasarkan informasi yang diperoleh, Titik menderita kanker rahim sejak November 2009. Dia sempat menjalani empat kali kemoterapi dan belasan kali radiasi selama sebulan di Rumah Sakit Mount Elizabeth, Singapura. Namun, nenek 14 cucu itu itu mengaku terharu mendengar sahabatnya menciptakan lagu untuknya.

“Saya sampai nangis ada teman saya Linda Djalil yang bekerja sebagai wartawan, dengar saya sakit dia langsung buat lagu,” ujar perempuan yang akrab disapa tante di usianya yang senja itu. Dia mengatakan, lagu ciptaan sahabat sekaligus penggemarnya itu membuatnya lebih bergairah untuk mencapai kesembuhan.

Sementara itu, Linda mengaku terkejut ketika pertama kali mendengar kabar sakitnya Titiek dari keluarganya. “Hati saya ciut seciut-ciutnya,” katanya. Lalu, kondisi tersebut menginspirasinya untuk membuat sebuah lagu yang menggambarkan sosok Titiek.

“Lagu itu bercerita tentang ketegaran wanita Indonesia. Tentang duka yang selalu dilawan dengan doa,” ujar Linda. Dia mengatakan, Titiek Puspa adalah sosok wanita cantik yang energik, bersemangat, penuh kasih sayang, tegar, dan multitalenta. Oleh karena itu, dia mengharapkan lagu yang diciptakannya itu dapat membantu mengembalikan semangat hidup Titiek.

Pembuatan lagu tersebut melibatkan beberapa musisi kenamaan Indonesia seperti Addie M.S. dan Josef Djafar. Linda mengatakan, keduanya membantunya mengaransemen lagu “Wanita” yang pertama kali dibuatnya dalam bentuk melodi. Sementara lirik lagu tersebut dibuat oleh Jhodi Yudono.

Linda mengaku senang dengan lirik yang mengisi lagunya itu. “Apa yang saya gambarkan tentang Titiek Puspa dan wanita Indonesia yang pada umumnya kuat, tegar, hidup penuh dengan cinta itu, diimplementasikan Jodhi secara sempurna,” katanya memuji Jhodi. Linda mengatakan, lirik Jhodi dan aransemen Josef membuat lagu itu seakan membahana dengan jiwa yang bulat. (Cecep Wijaya Sari)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s