Wait and See…

Kangen juga udah lama ga posting di blog nih. Setelah beberapa kali gagal posting, akhirnya kali ini berhasil juga. Dan ini adalah postingan pertamaku di tahun 2010 ini. Kemarin2 sempet mulai nulis juga sih beberapa paragraf kalimat, tapi hanya karena aku pikir tulisan itu kurang bagus, akhirnya ga jadi posting. Dan kejadian ini terus berulang, sampai akhirnya aku memutuskan untuk posting hari ini. Aku jadi ingat suatu ungkapan, “you don’t have to be great to start, but you have to start to be great.” So, mulai saja!

Oiya, dalam postingan sebelumnya aku pernah menyinggung soal resolusi. Pada awal tahun ini, aku sudah membuat beberapa resolusi yang ingin kucapai selama setahun ke depan. List lengkapnya insya Allah akan kutulis di postingan berikutnya. Dan salah satu resolusiku tahun ini adalah pergi ke luar angkasa. Ah, bukan, maksudku ke luar negeri🙂.

Ya, di tahun ini, aku ingin mewujudkan salah satu impianku untuk menginjakkan kakiku di luar negeri. Dalam postinganku terdahulu (Menggapai Impian) aku pernah menceritakan beberapa kali percobaan ke luar negeri yang gagal, namun aku tetap optimistis suatu saat kesempatan itu akan datang. Dan benar saja kawan, kesempatan itu datang kembali. Sebuah Global Internship di Cina dari AIESEC bisa jadi merupakan jalanku untuk berangkat ke luar negeri. Kemarin, aku baru saja menandatangani kontrak dengan AIESEC Bandung untuk melakukan projek itu sekitar bulan April tahun ini.

Setelah mengikuti proses seleksi berupa essay dan interview Desember lalu, akhirnya aku dinyatakan lolos untuk mengikuti Global Internship Program dari AIESEC. Jadi kawan, program ini adalah tentang projek sosial selama kurang lebih dua bulan di negara-negara anggota AIESEC. Ada beberapa negara pilihan, seperti Cina, India, Malaysia, Eropa (Ukraina, Polandia), dan Turki. Juga ada beberapa projek/isu pilihan, seperti education, children, HIV/AIDS, environment, dll. Aku memilih projek education di Cina. Why education? Soalnya aku pernah ada pengalaman di bidang ini. And why China? Karena di Cina ada Jet li dan Jackie Chan. Ah, itu betul tapi jujur bukan itu alasannya. Tapi karena Cina adalah negara Asia yang paling berkembang ekonominya. Terlebih, sekarang sudah menjalin kerja sama dengan negara-negara ASEAN, termasuk Indonesia dalam ACFTA yang mulai berlaku 1 Januari lalu. Dan yang lebih penting, biayanya paling murah dibandingkan dengan melakukan projek di negara lain. Lho kok???

Betul sekali kawan. Ternyata projek ini tidak gretongan. Ada beberapa biaya yang harus ditanggung sendiri, seperti urusan tiket pesawat dan biaya hidup selama melakukan projek di sana. AIESEC hanya menyediakan akomodasi di rumah penduduk (host family) dan satu kali makan. Sisanya, kantong sendiri. Nah makanya aku pilih Cina. Karena diitung-itung, biaya yang dibutuhkan kurang dari Rp 10 juta. Ya sekitar 7-8 jt lah. Tapi tetap saja aku ga punya uang sebanyak itu. Mau ngutang, takut ga bisa bayar. Mau minta ortu atau saudara, malu juga. Mau jual laptop, ga ah, aku masih sayang (halah lebay!!!). Atau barangkali ada yang mau nyumbang demi proyek kemanusiaaan yang mulia ini? Insya Allah pahalanya akan berlipat ganda… (hahaha… ngarep abis!)

Selisik punya saya selisik punya kamu (halah ribet banget!!!) akhirnya aku mencoba untuk mengajukan permohonan dana ke kantor tempatku bekerja. Untuk projek sosial seperti ini masa sih gak dikasih, bukankah perusahaan harus punya corporate social responsibility?! Alhasil, aku ajukan secara lisan ke Wapemred, Pak Budiana. Alhamdulillah, beliau menyambut baik hal ini dan memintaku untuk segera membuat proposalnya. Selanjutnya? Let’s wait and see.

One thought on “Wait and See…

Leave a Reply

