Menguak Misteri 2012



MARAKNYA
isu mengenai datangnya hari kiamat pada tahun 2012 membuat sebagian orang resah. Benarkah penanggalan suku Maya yang berakhir pada 21 Desember 2012 itu pertanda datangnya hari akhir yang akan memusnahkan dunia beserta isinya? Beragam komentar baik pro maupun kontra pun bermunculan. Bahkan, perfilman Hollywood sampai membuat film yang menggambarkan berakhirnya kehidupan di dunia pada tahun 2012.

Adanya isu ini, dilatarbelakangi oleh penemuan beberapa kalangan baik yang bersifat supranatural maupun ilmiah. Berakhirnya penanggalan kalender suku Maya yang tinggal di antara Guatemala dan Meksiko itu juga dianggap sebagai berakhirnya dunia. Hal ini menyita perhatian beberapa ahli arkeologi dan astronomi mengingat penanggalan suku Maya terkenal sangat akurat.

Mayan Calendar

Penanggalan suku Maya sendiri dimulai sejak 31 Agustus 3114 SM dan berakhir pada 21 Desember 2012 (lihat sistem penanggalan Suku Maya di sini). Selama masa itu, mereka meramalkan terjadinya bencana besar yang terbagi ke dalam lima periode. Pada empat periode terakhir telah terjadi bencana besar-besaran, dan salah satunya adalah ketika Nabi Nuh (Noah) menyelamatkan binatang dan beberapa gelintir orang dalam perahu besarnya dari banjir besar. Oleh karena itu, masa ini disebut sebagai periode kelima atau periode terakhir di mana akan terjadi berbagai bencana besar sampai puncaknya nanti pada tahun 2012. Menurut mereka, bencana ini adalah untuk memusnahkan sebagian kehidupan dan menciptakan kehidupan dan peradaban baru yang berbeda dari kehidupan sebelumnya.

Hal ini didukung oleh beberapa ahli astronomi modern. Di antaranya adalah seorang ilmuwan matematika Jepang bernama Haido Itakawa pada tahun 1980 mengatakan bahwa semua planet dalam tata surya kita akan berada pada sau garis sehingga menyebabkan kehidupan terhenti. Dia memprediksikan, hal ini akan terjadi pada Agustus 2012. Perihal kiamat tahun 2012 ini juga diberitakan oleh berbagai Jurnal Ilmiah Amerika yang bersumber dari NASA, di mana telah ditemukan planet Nibiru, yang ukurannya hampir sama dengan matahari. Planet ini memiliki kekuatan magnet yang dahsyat dan diperkirakan akan memasuki orbit bumi pada 2011. Dengan demikian, manusia di dunia seakan melihatnya sebagai matahari kedua.

Pandangan Islam

Sebagai Muslim, kita wajib meyakini hal-hal gaib, termasuk hari kiamat. Hari tersebut suatu saat pasti datang. Namun, tidak ada seorang pun di dunia ini yang mengetahui secara pasti kapan terjadinya hari akhir itu. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam Q.S. Al A’raf: 187,

وَالأَرْضِ لاَ تَأْتِيكُمْ إِلاَّ بَغْتَةً ثَقُلَتْ فِي السَّمَاوَاتِ يَسْأَلُونَكَ عَنِ السَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَاهَا قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ رَبِّي لاَ يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَا إِلاَّ هُوَ
.يَسْأَلُونَكَ كَأَنَّكَ حَفِيٌّ عَنْهَا قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ اللّهِ وَلَكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لاَ يَعْلَمُونَ

“Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: ‘Bilakah terjadinya?’ Katakanlah: ‘Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. kiamat itu Amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba’. Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: ‘Sesungguhnya pengetahuan tentang hari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak Mengetahui’. “

Ibnu Katsir mengatakan bahwa firman Allah, ”Katakanlah:’Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia”, ditujukan kepada Rasulullah saw. sebagai jawaban ketika beliau ditanya tentang hari kiamat. (Tafsir Ibnu Katsir juz III hal 518)

Mengenai waktu datangnya hari kiamat, Allah berfirman dalam Q.S. Al Ahzab: 63,

.يَسْأَلُكَ النَّاسُ عَنِ السَّاعَةِ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ اللَّهِ وَمَا يُدْرِيكَ لَعَلَّ السَّاعَةَ تَكُونُ قَرِيبًا

“Manusia bertanya kepadamu tentang hari berbangkit. Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang hari berbangkit itu hanya di sisi Allah”. dan tahukah kamu (hai Muhammad), boleh Jadi hari berbangkit itu sudah dekat waktunya.”

Selain itu, jawaban Rasulullah saw ketika ditanya oleh Malaikat Jibril tentang kapan terjadinya kiamat, beliau saw besabda,”Orang yang ditanya tidak lebih mengetahui daripada yang bertanya.” (HR. Muslim) Hadits tersebut menjelaskan bahwa Rasulullah saw dan juga orang yang bertanya (Jibril) tidaklah mengetahui tentang waktu terjadinya kiamat.

Hal ini dipertegas lagi dalam Q.S. Luqman: 34,

تَمُوتُ أَرْضٍ بِأَيِّ نَفْسٌ تَدْرِي وَمَا

Dan tiada seorang pun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati.”

Dengan demikian, tidak ada seorang pun yang dapat memprediksi secara pasti akan datangnya hari kiamat, apalagi sampai menentukan tanggal, bulan, dan tahunnya.

Akhir zaman

Sejak Rasulullah saw di utus ke muka bumi, beliau disebut-sebut sebagai Nabi Akhir Zaman, dan umatnya pun disebut sebagai Umat Akhir Zaman. Dengan demikian, saat ini kita sedang berada di zaman akhir, di mana tidak akan ada lagi masa setelah kita di dunia ini.

Menurut hadis sahih, akhir zaman ini dibagi ke dalam lima masa:

1. Masa kerasulan, yakni masa Rasulullah saw.
2. Masa khulafaurrasyidin, yakni masa kekuasaan para amirul mukminin setelah Rasulullah wafat
3. Masa malikul adhan, yakni masa setelah Ali bin Abi Talib sampai runtuhnya Khilafah Utsmani pada 1924
4. Masa kekuasaan diktator, yakni masa kekuasaan para pemimpin zalim, seperti terjadi saat ini
5. Masa kembalinya Khilafah Islamiah


Pada masa keempat (masa sekarang), tanda-tanda kiamat sudah banyak bermunculan, seperti kekuasaan para pemimpin yang zalim dan menindas rakyat. Hal ini bisa saja mengacu kepada kekuasaan kapitalisme Barat yang mencekik rakyat jelata. Kebobrokan moral merajalela, dan keadilan semakin sulit ditemukan. Tak heran, sejumlah bencana di berbagai belahan dunia pun terjadi. Pada akhirnya, kiamat akan terjadi setelah kekuasaan khilafah Islamiah kembali.

Meskipun demikian, bagi orang-orang yang beriman, datangnya hari kiamat tidak perlu ditakuti. Sebab, mereka tidak akan mengalaminya. Kiamat hanya diperuntukkan bagi orang-orang yang zalim dan jahat yang masih tersisa. Sementara itu, Allah mencabut nyawa semua orang mukmin sebelum akhirnya mendatangkan kiamat. Hal ini sebagai mana sabda Rasul,

“Kiamat tidak akan berlangsung kecuali menimpa atas orang-orang yang
paling jahat.” (H.R. Muslim 5243).

Berdasarkan penjelasan di atas, kita tidak perlu khawatir dan resah akan kapan hari kiamat itu tiba, karena hari tersebut suatu waktu pasti akan datang. Di sisi lain, walaupun orang beriman tidak akan mengalami hari kiamat besar, namun kita pasti mengalami kiamat kecil, yaitu menemui ajal masing-masing, yang mungkin waktunya lebih dekat dibandingkan dengan kiamat besar. Oleh, karena itu, sejauh mana kita mempersiapkan diri untuk menghadapinya, tampaknya hal inilah yang perlu kita renungkan. (ceps)

Sumber:

1. Pramana, Adi. 2009. Isu Kiamat Di Tahun 2012. http://adipramana.com/2009/01/isukiamat-di- tahun-2012.html. (16 Januari 2009).
2. Vetra, Mohammad Fadhyal. 2008. Science And Mithology. Crazy Club Inc: Pekan Baru.
3. Tobort123. 2009. Planet Nibiru Penyebab Kiamat 2012, Benarkah??.
4. http://astronomi.infogue.com/planet_nibiru_penyebab_kiamat_2012_benarkah_(Mei
5. 2009).
6. http://www.oaseislam.com/modules.php?name=News&file=article&sid=185
http://www.dinomarket.com/newsreview/68822/2009/11/19/Ini-Dia-Penanggalan-Maya-yang-Jadi-Biang-Kerok/
7. http://pro-syariah.blogspot.com/2009/11/nasa-kiamat-tahun-2012-hanya-bualan.html
8. http://abiwin.wordpress.com/2009/03/16/kiamat-2012-menurut-pandangan-islam/

One thought on “Menguak Misteri 2012

  1. Pingback: 2010 in review « Here is the story…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s