Konsistensi

Aku sering bertanya-tanya, mengapa sebagian orang begitu pandai melakukan sesuatu. Sebut saja para atlet, penyanyi, seniman, penulis, pengusaha, dll. Mereka begitu mudah menelurkan karya-karya mereka sehingga dihargai banyak orang. Dengan demikian, secara tidak langsung mereka pun memberikan kontribusi bagi masyarakat yang menghargai karya-karya mereka. Lebih dari itu, mereka pun mendapat limpahan materi dari karya-karya yang mereka hasilkan. Setelah kucermati, ternyata mereka memiliki kesamaan, yakni konsistensi.

Kebanyakan para ahli atau profesional adalah mereka yang terus menerus memupuk dan menekuni bidang yang mereka geluti sejak masih belia. Sejak usia belasan bahkan di bawah sepuluh tahun, mereka sudah mulai belajar dan menikmati sesuatu yang mereka senangi atau minati. Misalnya saja para penyanyi yang rata-rata mulai menyanyi dan mengikuti kontes-kontes menyanyi sejak kanak-kanak. Demikian juga para atlet, seniman, kalangan intelektual, dll. untuk menjadi ahli di bidang mereka, dibutuhkan waktu tidak hanya satu-dua tahun, tetapi bahkan puluhan tahun.

Dengan konsistensi, aku yakin, semua orang bisa melakukan sesuatu dengan baik. Namun, jangan sampai kita salah menempatkan konsistensi tersebut. Sebab, dengan konsistensi, segala hal yang baik ataupun buruk bisa saja dikuasai dengan baik. Oleh karena itu, sebelum kita melakukan konsistensi dalam suatu bidang, kita seharusnya mengetahui apa yang menjadi tujuan jangka panjang kita. Seperti kata Henry David Thoreau,

“To know that we know what we know and that we don’t know what we don’t know, that is a real knowledge.”

Intinya, kita harus mengetahui apa yang menjadi potensi dan kelemahan kita. Aku yakin, kita belum terlambat untuk merumuskan tujuan-tujuan kita dan upaya untuk mencapainya. Selanjutnya, lakukan konsistensi! (ceps)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s